Pulau temaju sebagai sepotong surga di Kalimantan Barat

10.36 Unknown 1 Comments

    Desa wisata adalah sebuah kawasan pedesaan yang memiliki beberapa karakteristik khusus untuk menjadi daerah tujuan wisata. Di kawasan ini, penduduknya masih memiliki tradisi dan budaya yang relatif masih asli. Selain itu, beberapa faktor pendukung seperti makanan khas, sistem pertanian dan sistem sosial turut mewarnai sebuah kawasan desa wisata. Di luar faktor-faktor tersebut, alam dan lingkungan yang masih asli dan terjaga merupakan salah satu faktor terpenting dari sebuah kawasan tujuan wisata. Desa Temajuk sebagai kawasan pariwisata yang berada di sebelah utara bagian barat pulau Kalimantan memiliki banyak destinasi menarik yang wajib Anda kunjungi mulai dari wisata pantai hingga hutan bakau yang masih terjaga dengan baik. Di balik keterpencilannya, desa ini dianugerahi keindahan pantai yang membuat iri negeri tetangga.
    Desa Wisata Temajuk sangat cocok bagi Anda yang keseharian tinggal di perkotaan dan dipenuhi dengan segala aktivitas perkotaan. Selain itu juga sangat bermanfaat untuk keluarga dan anak-anak di mana kita bisa memberikan edukasi yang lebih mendalam tentang alam, kehidupan, keseimbangan hidup, toleransi, gotong-royong, semangat kekeluargaan dan palajaran moral lain. Secara administratif, Desa Temajuk berada di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Negara Sarawak - Malaysia. Desa Temajuk memiliki garis pantai sangat panjang yakni sekitar 60 km, terhampar sepanjang pesisir menuju Desa Temajuk yang kerap dikunjungi penyu untuk bertelur
 
AKSES MENUJU WISATA DESA TEMAJUK
   Untuk mencapai Desa Temajuk, perjalanan dapat ditempuh lewat jalur darat atau udara. Jika lewat jalur darat, dibutuhkan total waktu perjalanan lebih dari 9 jam dari Pontianak menyeberangi sungai Sambas dan Sungai Sumpit di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas. Saat menyeberangi Sungai Sambas, penyeberang bisa memanfaatkan kapal ferry ASDP, namun saat menyeberangi Sungai Sumpit yang besarnya sama dengan Sungai Sambas, penyeberang harus menggunakan kapal rakit bermesin tempel yang dioperasikan secara swadaya oleh warga. Jika lewat udara bisa menggunakan helikopter, akan tetapi yang menggunakan jalur udara banyak dari para pejabat apabila melakukan kunjungan kerja ke kawasan Desa Temajuk.
   Jarak Desa Temajuk ke ibu kota kecamatan sekitar 45 km (sekitar 2,5 - 3 jam dengan sepeda motor). Jarak Desa Temajuk ke ibu kota kabupaten sekitar 90 km ( 4 - 5 jam dengan menggunakan mobil). Jarak Desa Temajuk ke ibu kota provinsi sekitar 315 km ( lebih dari 9 jam dengan menggunakan mobil ). Apabila melakukan perjalanan menggunakan sepeda motor dari Kota Pontianak ke ibukota Kabupaten Sambas, membutuhkan waktu tempuh sekitar 5 jam, dengan jarak tempuh sekitar 225 kilometer. Perjalanan dimulai dari Kota Pontianak menuju ke arah Sambas, kemudian ambil jalur yang menuju Kartiasa.  



1 komentar:

  1. Pulau Temajo dan Desa Temajo (Temajuk) dua wilayah yang berbeda.....

    Pulau temajuk berada di wilayah Kabupaten Mempawah, sedangkan Desa Temajuk di Kabupaten Sambas...

    BalasHapus